Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut
prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan
dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang
tidak berhubungan dengan matematika.
Bagian-bagian Komputer Personal.
1: Monitor
2: Papan induk
3: Pemroses
4: Slot ATA
5: Memori Akses Acak (MAA)
6: Slot PCI
7: Catu Daya
8: Tempat cakram optik
9: Cakram keras
10: Papan Tombol
11: Tetikus
1: Monitor
2: Papan induk
3: Pemroses
4: Slot ATA
5: Memori Akses Acak (MAA)
6: Slot PCI
7: Catu Daya
8: Tempat cakram optik
9: Cakram keras
10: Papan Tombol
11: Tetikus
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule,
jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua
komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti
luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi"
atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada
beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata
yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk
mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa
mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut
digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang
yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat
hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para
pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan
artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama
yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana
seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Jenis
Global Digital Divide1
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat
khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika
mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan
mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman
yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali
dibatasi oleh kapasitas
penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan pada masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan pada masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
Komputer
benam
Pada sekitar 20 tahun yang lalu , banyak alat rumah tangga,
khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon
genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga,
industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik
yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan
catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam
chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud
khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau
"komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang
membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan
informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti
telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai
maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama,
minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang
mendapat definisi ini.
Komputer
pribadi
Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah
untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak
orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu
saja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang
lebih spesifik dan tepat.
Bagaimana komputer
bekerja
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah
berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat
Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer
kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal
1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat
bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh
berkas kawat, "bus"
Memori
Modul Memori RAM
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori
(seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing
berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk
mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang
diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi
salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi
perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka
biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan
sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan
angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau
angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih
kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai
macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah
byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali -
memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan
dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara
hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah
berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan
air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks
magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor
di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit)
berperan untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna komputer,
mengelolanya bersama data-data yang ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan
juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storage untuk
melaksanakan instruksi yang saling terkait.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA)
ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan
sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam
komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu
(IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit
(ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan
aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR,
NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua
slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang
sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah saat ini yang dilakukan oleh
komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapatkan kembali informasi
(dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan
kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol
pembacaan instruksi program komputer.
Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia
luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau
non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard,
monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web,
pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa
mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang
bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode
data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam
pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti
bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah
terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan
komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456",
"menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013",
dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk
"menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah
khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin
komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk
komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman
"tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti
assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog
didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya
oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam
satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU.
Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang
kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer
adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat
I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di
atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang
bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai
sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda
secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit
penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup
sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah
dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini
berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk
dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program
komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan
berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa
melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat
kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks.
Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang
pandai, pemrogram. "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah
untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu
membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini,
kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini
biasanya diserahkan ke sebagai tugas ganda. Pada kenyataannya, UPS melakukan
perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke
program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini
sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal
program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS
di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih
membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini
membagikan
Sistem
operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode
yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh
beraneka-ragam program komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram (programmer)
akhirnya memindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program mana yang akan
dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka
gunakan. Sistem operasi juga memberikan layanan (service) kepada program lain,
seperti kode yang membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin
tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung pada
komputer.
Penggunaan komputer
Anak-anak sedang belajar penggunaan komputer bersama sang
guru.
Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan
membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya
digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah.
ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel
ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang
neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya
(perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan
melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk
lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama
Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy
Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga
dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama,
Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga
menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar
dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai
komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang
sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui
rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang
mulai memakai komputer untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer
membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis,
organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk
menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang
mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan
ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin
menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas,
termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan
dan lain berulang matematika dengan lembatang sebar, berhubungan dengan e-pos
dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah
melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur
memrogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan
rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor
benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan
kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci
rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik,
kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik
dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini
cenderung kepada akan terus.
Bagian-bagian
komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak
(software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah
data
Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
Hard drive, media penyimpanan semi permanen
Perangkat masukan, media yang digunakan
untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan
tablet
Perangkat
keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU,
seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
Perangkat lunak
Sistem operasi
Program dasar pada
komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi
yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi
termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi
input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
Program komputer
Merupakan aplikasi
tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan
non-grafis
AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan
grafis
IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
USB, slot untuk
masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat
dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
Jenis komputer
Komputer analogKomputer pulsaMikrokomputerKomputer rumah (home computer)Komputer pribadi (PC)ServerMinikomputerMainframe computerSuperkomputer
sumber : http://id.wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar