Susunan kabel utp straight dan crossover


Untuk koneksi antar komputer yang paling sederhana adalah koneksi antar komputer dalam satu LAN (Local Area Network). Ada juga koneksi komputer langsung dari komputer ke komputer yang lain. Koneksi sederhana ini biasanya menggunakan kabel UTP yang dikoneksikan ke port ethernet RJ45 pada komputer atau biasa juga disebut LAN / NIC (Network Interface Card) Card
Kabel UTP ini memiliki 8 kabel yang dipilin menjadi satu, masing-masing kabel secara umum mempunyai warna yang berbeda satu dengan lainnya. Warna-warna tersebut adalah sebagai berikut :
1. Putih – Orange
2. Orange
3. Putih – Hijau
4. Hijau
5. Putih – Biru
6. Biru
7. Putih – Coklat
8. Coklat

Keempat kabel ini, nantinya akan mewakili beberapa fungsi khusus yang tidak dijelaskan pada topik kita ini.
Untuk penggunaan kabel, maka kabel diatas ada susunannya. Susunan itu mempunya fungsi yang dibawanya yaitu menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang lain.
Secara umum, ada 2 standard yang merupakan kombinasi yang jamak disepakati antar sesama network administrator, untuk penggunaan kabel STP sebagai sarana penghubung 2 perangkat komputer atau 2 perangkat jaringan komputer, yaitu :

1. Kabel Straight Through
Kabel dengan kombinasi ini digunakan untuk koneksi antar perangkat yang berbeda jenis, seperti antara komputer ke switch, komputer ke hub/bridge, router ke switch, router ke bridge dsb. kombinasi warnanya dapat kita lihat pada gambar berikut :

straight

2. Kabel Crossover
Kabel dengan kombinasi ini adalah diperuntukkan untuk koneksi peer to peer antara perangkat yang sejenis. Contohnya dari komputer ke komputer, dari komputer ke router, dari switch ke switch dsb.
Kombinasi warnanya dapat kita lihat pada gambar berikut ini…..

Adapun kombinasi warna diatas adalah berdasarkan apa yang awam digunakanan oleh teknisi dan engineer jaringan yang ada di dunia ini. Hal diatas memudahkan teknisi atau engineer lain dalam memperbaiki jaringan yang telah ada sebelumnya.
Untuk contoh pemakaiannya :
Jika ada 5 perangkat komputer yang akan dihubungkan ke satu switch/hub maka kabel yang digunakan untuk menghungunkan komputer ke perangkat switch/hub adalah kabel stright Through…
Tapi jika anda hanya ingin menghubungkan satu pc ke pc yang lain (pc ke notebook, atau notebook ke notebook) makan anda seharusnya menggunakan kabel crossover

follow me on twitter : http://www.twitter.com/a_dheni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar